Jumat, 16 November 2012
Tampilan awal Grapmatica |
Kali ini, dalam aplikasi Graphmatica, kita akan mempelajari tentang:
Tetapi, untuk sebagian orang yg baru saja meng-install, tampilan akan berbeda.
Jika ingin mengubah tampilan, maka klik Option, Graph Paper....
Muncul kotak dialog, Graph Document Setting. Ke tab Colors, lalu pilih White, klik OK.
Tampilan akan seperti gambar di awal.
1. Menentukan Himpunan Penyelesaian.
Karena lembar kerja yang di gunakan terlalu kecil, maka kita perbesar dengan klik Zoom Out.
Dan menjadi kelipatan 5.
Syarat utama dalam menuliskan tanda dalam Grapmatica adalah kebalikan dari soal.
- Tanda ≤ dibalik menjadi '>='.
- Tanda ≥ dibalik menjadi '<=',
Soalnya adalah :
- 2x – y ≤ 1
- 3x + y ≤ 14
- x – 3y ≤ -2
- x ≥ 0
- y ≥ 0
2x – y ≤ 1 |
3x + y ≤ 14 |
x – 3y ≤ -2 |
x ≥ 0 |
y ≥ 0 |
Selanjutnya, daerah yg bersih dari arsiran merupakan daerah Himpunan Penyelesaian. Tetapi, titik potong setiap pertemuan, kita beri label. Dengan klik Edit, Annotations....
Akan muncul kotak dialog Annotate Graph. Ketik "A", lalu klik Place.
Tempatkan sesuai keinginan. Lakukan titik selanjutnya; B, C, D, dan HP dengan langkah yang sama. Tetapi, untuk lebih cepat memunculkan kotak dialog Annotate Graph, dapat menekan tombol di keyboard "Ctrl+A".
2. Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat (Parabola)
Soal :
y = x²
maka di tulis seperti ini : y = x^2
Untuk mengetahui titik titik yg di lalui parabola tersebut, klik View, Point Tables.
atau klik Point Tables
Untuk mencari nilai absis (x) atau ordinat (y), maka klik Evaluate....
Muncul kotak dialog, Point Evaluate. Input 3 di kotak x. Maka hasilnya akan sama dengan Point Table (tanda panah).
3. Menghitung Luas Daerah
Input persamaan y=-x^2+3x
Input persamaan y=x
Kemudian hitung integralnya, dengan klik Calculus, Integrate
Klik dari koordinat (0,0) sampai koordinat (2,2)
Akan muncul kotak dialog baru
Di Equation 1: pilih y=-x^2+3x
Tidak ada komentar:
Posting Komentar